Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu menjadi sumber nutrisi utama bagi janin. Salah satu cara menjaga kesehatan saat hamil yaitu dengan minum susu untuk ibu hamil. Tak hanya baik untuk ibu tapi juga baik untuk perkembangan kandungan. Berikut tips memilih susu ibu hamil untuk Anda.

  1. Susu Harus Mengandung Protein dan DHA

Susu yang kaya protein dapat membantu perkembangan janin yang ada dalam kandungan. DHA yang terkandung dalam susu juga berperan meningkatkan kecerdasan janin yang dikandung. Selain itu, terdapat manfaat untuk sang ibu, yaitu menambah energi agar Anda kuat pada masa kehamilan. Ibu membutuhkan 70 gram protein per hari demi memelihara daya tahan tubuh.

  1. Memberi Nutrisi pada Janin dan Pencernaan Ibu

Sembelit menjadi masalah yang sering dialami wanita hamil. Oleh karena itu, Anda harus memilih susu yang banyak mengandung serat untuk membantu melancarkan pencernaan saat Anda hamil. Perhatikan komposisi susu yang tertulis di bagian luar kardus.

Susu ibu hamil harus memiliki kandungan yang baik yang akan menyempurnakan kebutuhan nutrisi yang tidak didapat dari makanan yang ibu konsumsi. Lebih baik jika anda memperhatikan label kandungan yang ada di dalamnya. Selain itu, jika memungkinkan lakukan riset terlebih dahulu dan bandingkan dengan merk susu hamil lainnya.

  1. Susu Ibu Hamil Terbaik Rasanya Enak

Hal lain yang tak kalah penting adalah masalah rasa. Seperti kita ketahui umunya ibu hamil mengalami ngidam sehingga sering mual bahkan mungkin tidak doyan susu. Oleh karena itu selain memiliki kandungan yang cukup, susu ibu hamil terbaik yaitu saat Anda menyukai rasanya sehingga rajin meminumnya.

  1. Pilih Susu yang Mengandung Asam Folat dan Vitamin B12

Asam folat sangat berguna untuk perkembangan si kecil. Jika Anda rajin mengonsumsi susu untuk ibu hamil, maka proses pembentukan sel-sel otak janin akan lebih cepat serta Anda terhindar dari penyakit anemia.

  1. Pilih Susu Hamil yang Sudah Dipasteurisasi

Hal pertama yang penting Anda perhatikan dalam memilih susu yang baik untuk ibu hamil yaitu jenis susu yang sudah melalui proses pasteurisasi. Kebanyakan susu sapi yang ditemukan di pasaran tidak semua melewati proses yang satu ini. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda memperhatikan label yang terdapat pada kemasan.

Pasteurisasi adalah proses pengolahan guna membunuh bakteri yang ada pada susu. Salah satunya pada susu sapi dengan cara susu direbus terlebih dulu. Susu sapi, kambing atau domba yang tidak melalui proses ini berpotensi mengandung Listeria, yakni bakteri berbahaya yang akan dapat menyebabkan keguguran. Oleh karenanya, perhatikan dengan baik masalah ini.

  1. Hindari Susu dengan Kandungan Gula Berlebih

Memilih susu hamil harus memperhatikan kandungan gula di dalamnya. Jangan pilih susu dengan kandungan gula berlebih, sebab hal ini bisa berisiko buruk untuk kesehatan Anda. Pilihlah susu hamil dengan kandungan gula yang sedikit untuk menghindari risiko diabetes selama masa kehamilan. Hal ini akan berpengaruh kurang baik untuk janin dan kesehatan ibu.

  1. Jika Ibu Hamil Berusia Lebih dari 24 Tahun

Pada ibu hamil usia 24 tahun atau lebih maka umumnya kebutuhan kalsium maksimal yang Anda perlukan yaitu sekitar 1.200 mg dalam satu harinya. Sedangkan pada ibu hamil yang lebih muda dari usia tersebut akan membutuhkan antara 1.200 dan 1.500 mg kalsium dalam sehari.

Anda bisa memilih susu untuk ibu hamil sesuai kesukaan di blibli.com. Hampir semua brand susu ibu hamil ada di sini. Anda bisa mendapatkan harga promo setiap pembelian dengan total tertentu. Selain itu, banyak rasa susu yang bisa dipilih.