Tak Perlu Ke Bengkel, Begini Cara Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

Jika lampu depan mobil mulai redup atau starter mobil sudah mulai sulit untuk dinyalakan, artinya sudah saatnya kamu mengganti aki mobil Anda. Kebanyakan orang memilih pergi ke bengkel untuk mengganti aki mobil, padahal kamu juga bisa melakukannya sendiri, lho! Tentu saja, secara finansial akan lebih hemat, karena kamu tak perlu mengeluarkan ongkos pasang aki. Nah, berikut ini kami akan membahas bagaimana cara mengganti aki mobil sendiri di rumah.

  1. Parkirkan Mobil di Tempat yang Aman

Parkirkan mobilmu di tempat yang aman. Pastikan kamu memarkirkan mobil di permukaan yang datar, ya agar aki mobil juga lebih stabil dan tidak tumpah karena permukaan kurang rata. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa area untuk mengganti aki mobil jauh dari sumber listrik atau api, ya!

  1. Pastikan Mesin dalam Keadaan Mati

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan mati dan kunci kontak sudah dalam posisi OFF saat hendak mengganti aki mobil. Tujuannya adalah untuk menghindari error dan kerusakan. Pasalnya, jika kunci kontak masih dalam keadaan hidup, maka akan berpotensi menimbulkan percikan api.

  1. Buka Kap Mobil dan Lepaskan Terminal Negatif Aki

Buka kap mobil dan tahan dengan menggunakan penahan kap yang tersedia pada mobil. Lepaskan terminal negative terlebih dahulu untuk menghindari percikap api dengancara melonggarkan baut pada terminal. Setelah terlepas, lakukan hal yang sama pada terminal positif aki.

  1. Cabut Aki Mobil Lama

Selanjutnya adalah dengan mencabut aki mobil lama dari tempat dudukannya. Hati-hati dalam mencabutnya, karena berat aki bisa mencapai 20 kilogram lebih lho! Jika merasa terlalu berat, cobalah untuk meminta bantuan orang lain untuk mengangkatnya.

  1. Bersihkan Kabel Terminal dan Dudukan Aki

Bersihkan karat yang ada di kabel terminal dan dudukan aki dengan menggunakan perangkat pembersih sederhana seperti sikat gigi bekas dan bakin soda. Jika perlu, menggunakan sikat kawat agar karat cepat terangkat. Setelah itu jangan lupa keringkan terlebih dahulu sampai kandungan airnya hilang.

  1. Pasang Aki Baru

Pastikan aki yang akan dipasang memiliki kapasitas dan ukuran yang sama. Jangan lupa juga untuk memilih aki mobil berkualitas untuk menunjang kebutuhan mobil kamu. Untuk memasangnya, pasang terminal positif terlebih dahulu kemudian terminal negative. Pasang semua baut pada dudukan aki mobil agar aki mobil tetap di tempatnya.

Itulah langkah-langkah memasang aki mobil yang baru. Mudah, bukan? Kamu pasti bisa melakukannya sendiri! Selamat mencoba!