Tak Hanya Jarak Tempuh, Ini Acuan Lain untuk Segera Ganti Oli

Jangka waktu penggantian oli masih sering dipandang sebelah mata oleh para pemilik mobil. Padahal sebenarnya, jika dibiarkan hal ini akan membuat kuantitas oli menjadi menurun. Jika kondisi ini terus berlanjut maka hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Tak hanya jarak tempuh saja, berikut beberapa acuan lain kapan Anda harus segera ganti oli Shell.

Running Engine Hour

Pada umumnya pengukuran yang satu ini lebih sering dilakukan pada mobil di kota-kota besar yang sering terjebak macet setiap harinya. Sebenarnya apa sih running engine hour itu? Running engine hour merupakan lamanya mesin mobil bekerja dan menyala sejak pertama kali dihidupkan hingga pemakaian terakhir.

Jadi meskipun jarak tempuh kendaraan belum mencapai jarak yang ditentukan, namun mesin kendaraan Anda sudah bekerja dan bergerak lebih keras akibat macet. Jadi jika putaran mesin kendaraan Anda sudah mencapai satuan kilometer jarak tempuh tertentu, pastikan untuk segera ganti oli. Anda bisa menggunakan engine running hour guna mengukur berapa lama mesin hidup.

Beban Kendaraan

Ternyata kendaraan yang sering menampung beban berat, baik itu barang maupun penumpang akan membuat mesin bekerja lebih keras karena membawa beban tersebut. Terlebih lagi jika beban yang dibawa tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh pabrik. Hal ini tentu akan membuat mobil membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa berjalan.

Kondisi semacam ini tentunya akan membuat oli mesin menjadi stres dan proses pelumasan tidak berjalan dengan sempurna. Lama kelamaan hal ini akan merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jadi jika kendaraan Anda sering mengangkat beban berat, pastikan untuk melakukan penggantian oli lebih awal agar performa mesin tetap terjaga dengan baik.

Jenis Oli yang Digunakan

Ternyata setiap jenis oli memiliki masa pakai yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada harga ganti oli dan kualitas oli yang digunakan. Tak hanya itu saja, setiap kendaraan juga memiliki standar yang berbeda-beda terkait dengan penggunaan oli. Jadi penggunaan oli sendiri bergantung pada kebutuhan dan teknologi mesin itu sendiri.

Jadi oli yang digunakan juga harus disesuaikan dengan teknologi mesin kendaraan itu sendiri. Pada umumnya mobil dengan teknologi terkini memiliki jalur pelumas yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan mobil keluaran dulu. Jika menggunakan oli yang salah, maka proses penggantian oli dapat berjalan lebih cepat dari biasanya.

Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan oli mobil Anda sebelum menggantinya. Sangat disarankan untuk menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrik agar tak berdampak buruk bagi kendaraan Anda. Penggunaan oli yang tepat tentunya akan memperpanjang umur mesin serta membuat tarikan mesin kendaraan menjadi lebih halus dan ringan.

Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Pada umumnya oli mesin kendaraan dapat diganti dalam interval 6 bulan sekali atau jika sudah mencapai 5000 atau 10.000 km. Namun jika Anda baru saja menempuh perjalanan yang jauh, jangan ragu untuk mengganti oli mesin kendaraan pada service berikutnya. Mengapa? Sebab oli yang digunakan secara terus menerus juga akan mengubah kualitasnya.

Asap Kendaraan Sedikit Berwarna

Warna asap kendaraan normalnya tidak berwarna atau transparan. Jika asap mobil Anda sedikit berwarna, maka bisa jadi hal ini disebabkan karena oli yang menguap dan ikut terbakar si ruang pembakaran. Jadi jika asap mobil Anda sudah sedikit berwarna, pastikan untuk segera mengganti oli mesin kendaraan Anda sebelum kondisinya semakin parah dan merusak komponen lainnya.

Warna Oli Berwarna Hitam Pekat

Selain beberapa hal di atas, warna oli yang berubah menjadi hitam pekat juga menjadi acuan jika oli kendaraan Anda harus segera diganti. Imbas dari oli yang digunakan secara terus menerus adalah kondisi fisiknya. Oli yang sudah terkontaminasi akan berubah warna menjadi gelap dan hitam. Jadi jika warna oli sudah berubah, pastikan untuk segera lakukan penggantian.

Nah di atas merupakan beberapa hal yang bisa dijadikan acuan kapan kendaraan Anda harus ganti oli. Selain jarak tempuh, beberapa hal di atas juga bisa menjadi pertanda jika oli kendaraan Anda harus segera diganti. Rawatlah kendaraan Anda dari hal yang termudah, yakni rutin mengganti oli kendaraan agar performanya tetap terjaga dengan baik.