Mengenal Jenis Printer dan Fungsinya

Fungsi utama printer adalah untuk melakukan proses pencetakan file baik berupa foto, kemudian baner, baliho, kemudian banyak jenis kartu dengan berbagai ukuran dan kebutuhan.

Sedangkan dari jenis printer ini sendiri ada bermacam macam memang, dan fungsinya juga tidak sama. Kemudian dari sisi teknologi yang digunakan ada 3 yang pertama adalah offset printing, kemudian digital printin dan manual.

Ketiga metode ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing, sebagai bahan informasi saja yang populer sekali saat ini digitial printing dimana dioperasikan dengan bantuang komputing atau dari media komputer, file dan file jadi.

Sedangkan dari sisi hasil dengan ruang lingkup kualitas paling baik tentu saja menggunakan metode offset printing sedangkan yang manual sampe sekarangpun masih banyak digunakan termasuk dalam menyablon baju dan lainya.

Oke sekarang kita bahas jenis jenis printer antara lain:

Printer Inkjet

Sisitem kerja printer jenis ini adalah dengan cara menyemburkan, atau mengalirkan, menyemportkan tinta ke bagian atas untuk menghasilkan pola, atau gambar yang akan di print.

Kebanyakan jenis printer ini digunakan dalam ngeprint dalam jumlah kecil dan untuk kebutuhan multimedia sangatlah tepat.

Printer Laserjet

Kita dengan mudah mengenali sisitem kerja printer ini sudah jelas dengan menggunakan bantuan laser. Dalam pengoprasian printer ini obyek yang akan diprint sendiri diletakan pada satu tempat khusus kemudian dilaser dan jadilah hasil yang diinginkan cukup ringkas memang menggunakan printer jenis ini.

Printer LED/LCD

Hampir sama dengan teknologi yang digunakan pada printer laserjet, namun bedanya adalah dari sisi teknologi saja dimana printer ini menggunakan teknlogi LED yang sangat tajam kemudian di sorot ke obyek jadilah apa yang ingin anda print.

Printer Dot Matrix

Jenis printer ini sendiri kebanyakan digunakan oleh usaha fotocopyan dalam ngeprint dokumen dan huruf. Kinerjanya sangat cepat memang, dengan teknologi printer dot matrix anda bisa menghasilkan hasil print yang maksimal dalam waktu lebih cepat khususnya dalam ngeprint huruf dan angka.

Printer Solid Ink

Kemudian ada jenis printer solid Ink dimana dari sistem kerja printer ini sendiri sederhana sekali memang, dengan cara melelehkan tinta dan diberikan wadah tampungan kemudian dari sana proses printing akan berjalan.

Selain itu, ada juga jenis printer thermal sampai dengan jenis yang paling baru dan paling banyak digunakan sekarang adalah printer all in one.