Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Berikut Sebelum Kewalahan

Sebagai ibu hamil pastinya paham seperti apa perubahan yang terjadi, mulai dari fisik ataupun dari kondisi mental. Ketika kehamilan sudah memasuki usia tua, ada baiknya informasi mengenai tanda-tanda akan melahirkan. Hal itu untuk mempersiapkan diri dan juga suami mengenai segala hal yang dibutuhkan selama persalinan. Bukan saja perlengkapan bayi, kamar bayi, nama bayi saja tetapi lebih penting dari pada itu seperti pemilihan tempat melahirkan sampai dengan kesiapan biaya untuk menanggung semuanya. Bagaimana, sudahkah Anda mempersiapkan itu semua?

Mengetahui gejala melahirkan itu sangat penting sekali bagi para ibu hamil, apalagi bagi mereka yang mempunyai keinginan kuat untuk bisa lahiran normal. Karena berbeda ketika Anda sudah berencana untuk operasi caesar, bisa lebih mudah untuk melahirkan kapan saja dengan kondisi fisik yang sudah dinilai siap untuk melahirkan. Dengan persiapan diri dan siaga menghadapi lahiran, Anda bisa memperhatikan tanda melahirkan yang mungkin saja terjadi pada perubahan fisik ataupun emosional ibu hamil. Umumnya tanda itu muncul satu minggu atau beberapa hari sebelum melakukan persalinan.

Umumnya perubahan cukup diketahui secara baik dari segi fisik, dimana Anda akan merasakan beberapa perubahan seperti:

  • Sulit tidur.

Kesulitan untuk tidur akan dialami oleh para ibu yang akan melahirkan, hal itu bisa dikatakan sebuah kontraksi halus. Tanda tersebut bisa dinilai bahwa ibu akan mengalami pecah ketuban dan yang ditakutkan lagi itu terjadi secara mendadak.

  • Nyeri punggung.

Gejala yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil memasuki masa melahirkan adalah bagian punggung yang terasa nyeri. Hal itu terjadi karena calon bayi sudah mulai turun mengarah pada mulut rahim. Selain itu adanya rasa mules semakin terasa sekali yang membuat perut lebih kencang.

  • Buang air kecil meningkat.

Hal lain yang bisa dirasakan oleh perempuan yang akan melahirkan adalah buang air yang lebih sering. Kondisi tersebut sering disadari, karena bayi yang turun ke rahim membuat kandung kemih tidak bisa bekerja seperti pada umumnya. Umumnya tanda-tanda akan melahirkan ini akan dirasakan sekali oleh ibu hamil.

  • Keluar lendir kental.

Selama kehamilan, serviks Anda akan tertutup oleh lendir yang kental dimana itu sudah secara alami. Tetapi hal itu akan berubah ketika sudah memasuki masa persalinan, dimana serviks Anda akan lebih besar dan membuat jalan lendir keluar dari vagina. Umumnya ini mempunyai warna bening, merah muda atau bisa juga sedikit berdarah.

Selain diatas ada beberapa tanda lain yang bisa Anda kenali untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi persalinan yang semakin dekat. Dengan begitu orang tua tidak akan merasa kewalahan ketika melahirkan sudah tiba. Suami juga lebih siaga untuk mengurangi beberapa kegiatan yang banyak meninggalkan rumah dalam waktu lama. Jadi kapan saja istri mengalami kontraksi hebat bisa langsung ke tujuan tempat melahirkan yang sudah ditentukan diawal. Perlu Anda pahami, melahirkan bagi yang baru pertama dan kedua itu sedikit berbeda prosesnya.

Tidak kalah penting dari persiapan perlengkapan si kecil sebelum melahirkan, mengetahui tanda-tanda akan melahirkan lebih awal juga membuat Anda lebih siap dalam hal finansial. Seperti yang dipahami bersama jika biaya untuk melahirkan saat ini semakin tinggi, baik itu secara normal ataupun secara caesar. Tetapi semuanya kembali kepada Anda, proses melahirkan seperti apa yang diinginkan karena selain dua cara tersebut ada beberapa metode yang bisa dipilih.