Jenis Frame Kacamata Yang Harus Diketahui

Kacamata tidak hanya sebagai alat bantu penglihatan saja. tapi juga bisa melindungi mata dari sinar matahari atau penambah item fashion. Apalagi model kacamata semakin bervariasi dan kekinian. Bisa memberikan penampilan yang berbeda pada diri anda. sebelum membeli kacamata sebaiknya ketahui jenis frame yang digunakan. Supaya sesuai dengan bentuk wajah dan kenyamanan penggunanya. Berikut ini beberapa jenis frame kacamata berdasarkan fungsinya

Lensa Single Vision

Lensa single vision merupakan jenis lensa yang biasa digunakan pada penderita rabun jauh, astigmatisme dan rabun dekat. Istilah ini berhubungan dengan jumlah titik fokus yang hanya satu saja.

Lensa Bifokal

Lensa bifokal merupakan lensa yang memiliki dua titik fokus. Jenis lensa ini biasanya digunakan pada penderita rabun karena usia atau pada penderita presbiopi.

Selain berdasarkan fungsinya, lensa kacamata juga bisa dibedakan berdasarkan materialnya. Anda pasti pernah melihat lensa kacamata yang terbuat dari plastik, besi dan lainnya. berikut ini beberapa jenis yang harus anda ketahui.

Frame Metal

Frame berbahan metal termasuk jenis frame yang popular saat ini. karena memiliki gaya vintage dan chic. Bahan metal juga kokoh dan kuat. Salah satu jenis logam yang digunakan untuk membuat frame kacamata adalah titanium. Titanium memiliki ciri khas kokoh namun ringan digunakan. Selain titanium juga menggunakan alloy. Namun jenis alloy memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan titanium.

Frame Plastik

Jika anda mencari kacamata yang harganya murah, frame kacamata bisa menjadi pilihan tepat. material frame ini juga paling banyak digunakan. Ada beberapa jenis plastik yang sering digunakan. Seperti TR, seluloid, optil dan asetat. Setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang kuat, ada yang mudah patah. Dan ada yang ringan, ada pula yang sedikit berat.

Frame Silver atau Emas

Secara umum, silver dan emas termasuk dalam logam. Namun dalam frame kacamata, jenis ini berbeda dengan frame metal. Dibandingkan dengan jenis lainnya, frame ini yang paling berkelas dan harganya mahal. Terlihat lebih estetika dan modis. Akan membuat penampilan anda lebih berkelas.

Frame kacamata juga bisa dibedakan berdasarkan bentuknya. Pasti anda pernah melihat kacamata dengan bentuk yang bervariasi. Bentuk-bentuk inilah yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah anda. berikut ini beberapa jenis frame kacamata berdasarkan bentuknya.

Frame Kacamata Oval

Frame kacamata yang berbentuk oval, bentuknya seperti telur. Bulat pipih memanjang ke samping. Jenis ini bisa digunakan oleh berbagai usia dan jenis kelamin. Termasuk bentuk frame yang banyak disukai berbagai kalangan. Jika anda memilih warna frame dan material yang tepat, akan membuat penampilan anda semakin menarik.

Frame Kacamata Bulat

Frame kacamata ini dikenal dengan nama lioyd glasses. Bentuk frame ini juga sedang digandrungi anak muda. Karena banyak publik figur yang menggunakannya. Selain itu frame kacamata bulat memberikan kesan retro pada penggunanya. Apalagi anda memilih kacamata yang terbuat dari frame metal. Pemilik wajah bulat, harus hati-hati menggunakan kacamata ini. karena akan membuat wajah anda terlihat semakin bulat.

Sebenarnya masih banyak jenis frame berdasarkan bentuknya. Ada yang berbentuk kotak, wellington, boston, fox, rimless half dan masih banyak lainnya. bentuknya semakin bervariasi, membuat kita bingung memilih yang terbaik. Saat membeli kacamata selalu perhatikan detailnya dengan baik. sehingga nyaman digunakan dan membuat penampilan semakin menarik. Anda bisa membeli kacamata yang berkualitas di optik timur. Sekian informasi tentang jenis frame kacamata. Semoga bermanfaat.