Contoh Daftar Pustaka dari Internet yang Ditulis dengan Benar

Dalam penulisan tesis, disertasi, skripsi, ataupun maupun ilmiah, adanya plagiarisme tentu sangat dihindari dan bisa mencoreng kualitas tulisan. Oleh karena itu, perlu adanya daftar pustaka di bagian akhir naskah jika memakai sumber dari luar, termasuk internet. Berikut beberapa contoh daftar pustaka dari internet dan hal-hal yang perlu dihindari penulis.

Contoh Daftar Pustaka yang Sumbernya dari Internet

Wibisono, N. 2019. Balado Ikan Tuna untuk Menu Sahur, Berikut Resepnya. https://www.daftarpustaka.org/contoh-daftar-pustaka/. (07 Mei 2019)

Putri, Aditya Widya. 2020. Menguji Klaim Khasiat Jamu Penangkal COVID-19. https://tirto.id/menguji-klaim-khasiat-jamu-penangkal-covid-19-eEg. (14 Maret 2020)

Wardhani, V. 2020. 10 Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh. https://m.merdeka.com/jatim/10-manfaat-kayu-manis-untuk-kecantikan-dan-kesehatan-tubuh-kln.html. (11 Maret 2020)

Widarti, P. 2020. PTPN XI Mulai Ekspor Daun Tebu Kering ke Jepang 17 Ton. https://m.bisnis.com/surabaya/read/20200214/532/1201643/ptpn-xi-mulai-ekspor-daun-tebu-kering-ke-jepang-17-ton. (14 Februari 2020)

Sawitri, Yus Mei. 2020. 6 Penyakit yang Bisa Muncul akibat Sering Menahan Kencing, Harus Diwaspadai. https://m.bola.com/ragam/read/4147507/6-penyakit-yang-bisa-muncul-akibat-sering-menahan-kencing-harus-diwaspadai. (03 Januari 2020)

Pantangan saat Menulis Daftar Pustaka dari Internet

  1. Tidak Bisa Membedakan antara Fakta dan Opini

Situs-situs website yang tersebar di internet begitu banyak. Termasuk website berita yang resmi dikelola oleh pihak swasta atau milik pemerintah. Keduanya bisa saja memuat tulisan berupa fakta sehari-hari seperti laporan khusus ataupun opini dari kalangan para ahli. Nah, yang ini harus bisa dibedakan jenis tulisannya. Apalagi ketika mau menulis skripsi.

  1. Mengambil Sumber dari Situs Website secara Asal-asalan

Situs website yang berkualitas memiliki kecenderungan berada di laman pertama Google. Ketika menilik situs yang akan dijadikan sumber, cek susunan redaksinya, berapa lama berkiprah, dan pernah terkena gugatan atau belum. Jadi, jangan asal-asalan ya pas mengambil sumber. Sebab, kualitas sumber acuan juga bisa berpengaruh terhadap hasil tulisan.

  1. Salah dalam Penulisan Daftar Pustaka

Ketika menulis daftar pustaka dari internet, jangan sampai lupa mencantumkan link, ya. Sebab, fungsi link di sini mirip dengan sumber lain seperti makalah, jurnal, ataupun buku. Kemudian, jangan lupa pula cantumkan tanggal terbit agar riwayatnya bisa langsung ditelusuri oleh pembaca.

Contoh daftar pustaka dari internet yang ada di atas bisa langsung dijadikan acuan tanpa repot-repot belajar tata-penulisannya. Nah, bagaimana kalau penulisnya ada lebih dari 1 orang? Tulis saja nama-nama penulisnya dengan cara dibalik dan tidak lupa membubuhkan tanda koma (,). Kemudian diakhiri tanda titik (.) setelah menulis nama terakhir.