Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Cocok untuk Anak

Siapapun bisa mengalami sakit gigi karena berbagai penyebab yang melatarbelakanginya. Cara menghilangkan sakit gigi pada anak harus diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping. Beberapa cara di bawah ini cocok diterapkan untuk anak karena menggunakan bahan alami serta penanganan dari luar. Anda juga lebih mudah mengobati anak karena tidak pakai obat pahit.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Air garam sangat baik dan efektif untuk mengobati sakit gigi, terlebih pada anak. Air yang mengandung garam ini mampu menetralkan kondisi asam di dalam mulut akibat aktivitas pra pencernaan di mulut dan aktivitas bakteri di dalamnya. Kondisi yang dinetralkan oleh air garam ini akan meredakan rasa nyeri dan mengatasi sementara. Jika kondisinya parah, harus periksa.

Satu alasan lagi mengapa air garam ini cocok sebagai obat sakit gigi untuk anak adalah karena tidak pahit. Si kecil pasti akan susah mengonsumsi obat karena rasanya yang pahit atau baunya yang khas obat-obatan. Dengan berkumur melalui air garam, si kecil akan lebih bersedia. Jadi, penanganan ini sangat cocok.

  1. Menggosok Gigi

Menggosok gigi juga langkah tepat untuk mengobati sakit gigi pada anak. Anda harus membujuk si kecil agar mau segera menggosok gigi demi kesembuhannya dari sakit gigi yang dialami. Kandungan fluoride pada pasta gigi akan membantu memperkuat gigi, sehingga kondisi gigi yang sedang sakit tersebut bisa kembali normal.

  1. Mengompres dengan Es Batu

Kompres dingin dengan es batu adalah salah satu cara menghilangkan sakit gigi yang tepat untuk anak. Pembengkakan atau rasa nyeri yang dialami akan bisa diredakan dengan mengompres area yang terasa sakit tersebut. Caranya adalah dengan membalut es batu menggunakan kain atau handuk bersih dan lembut. Tempelkan di bagian yang sakit selama kurang lebih 15-20 menit.

  1. Mengoleskan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah bahan alami berikutnya yang mampu mengobati sakit gigi secara efektif. Khasiat minyak cengkeh ini adalah sebagai analgesik topikal serta antibakteri, sehingga mampu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Cara pakainya juga mudah yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas secara perlahan di bagian gigi yang terasa nyeri.

  1. Menggunakan Daun Mint

Daun mint juga alternatif pengobatan sakit gigi pada anak secara alami. Sensasi daun mint yang menyejukkan sangat melegakan dan mampu meredakan rasa nyeri yang dialami akibat sakit gigi. Anak yang tadinya rewel bisa sedikit tenang. Cara pemakaiannya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun mint secukupnya sampai halus dan letakkan di bagian gigi yang sakit.

Anda bisa terapkan cara menghilangkan sakit gigi tersebut sebagai penanganan pertama. Jika memang kondisinya belum berangsur-angsur sembuh, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis. Dokter gigi akan memberikan tindakan medis yang tepat. Usahakan selalu memantau kesehatan gigi anak karena dalam masa pertumbuhan.