7 Cara Merawat Aki Mobil agar Awet

Perawatan aki mobil harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tetap awet. Banyak kasus mesin mobil tidak bisa menyala karena aki soak. Kondisi aki yang tidak dirawat dengan baik akan membahayakan performa mobil Anda. Berikut adalah 7 cara merawat aki pada mobil Anda agar selalu awet.

  1. Rutin Periksa Kondisi Aki

Pemeriksaan rutin pada aki wajib untuk dilakukan demi menjaga kondisi aki tetap baik. Jangan sampai tiba-tiba Anda menemukan kondisi mesin mobil tidak bisa dinyalakan karena aki soak. Pemeriksaan rutin dapat membantu Anda mengetahui apakah kondisi aki masih bagus atau tidak.

Anda bisa memeriksa kondisi aki dengan memakai alat bernama battery load tester. Alat ini akan menunjukkan daya pada aki. Bagi Anda yang masih memakai aki basa, maka Anda perlu memeriksa cairan elektrolit pada aki. Jika cairan tersebut ada di bawah batas seharusnya, maka Anda harus segera melakukan pengisian.

  1. Cek Bagian Terminal

Terminal merupakan klep penghubung antara kutub negatif dan positif pada aki mobil. Bagian ini harus diperiksa secara rutin karena kondisinya bisa berpengaruh pada kondisi aki Anda. Coba periksa apakah bagian terminal ini masih bagus atau malah sudah berkarat dan berjamur.

Selain itu, periksa juga apakah kondisi klep ini masih kencang atau sudah mulai kendur. Jika klep dalam kondisi kendur maka Anda harus mengencangkannya kembali. Namun, jika klep sulit untuk dikencangkan lagi berarti itu tanda bahwa Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Cek Pengisian Aki

Perlu diketahui bahwa ketika Anda menyalakan mobil maka akan berlangsung pengisian aki. Memeriksa kondisi aki bisa dilakukan dengan cara memeriksa sistem pengisian aki ketika Anda akan pergi berkendara memakai mobil. Anda bisa melihat indikator baterai yang terpampang di dashboard mobil Anda.

Jika mobil dihidupkan lalu lampu indikator baterai segera menyala maka pengisian aki sedang tidak lancar. Anda juga bisa memeriksa sistem pengisian aki dengan melepaskan klep kutub negatif saat mesin mobil dalam kondisi hidup. Jika mesin langsung mati, maka pengisian aki tidak berjalan dengan baik.

  1. Panaskan Mesin Mobil

Daya aki akan terisi jika mesin mobil dalam kondisi hidup. Jika mesin mobil Anda tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama maka energi pada aki akan berkurang. Agar tidak terjadi kerusakan pada aki, Anda disarankan untuk memanaskan mesin mobil secara rutin setiap hari.

Banyak sekali kasus aki soak karena mobil sudah lama tidak digunakan. Jika mobil Anda tidak digunakan setiap hari, cukup hidupkan mesin selama beberapa menit. Tak perlu dipakai berpergian, memanaskan mesin mobil selama beberapa menit secara rutin akan sangat membantu.

  1. Matikan Semua Komponen Listrik

Saat pergi berkendara dan harus berhenti di suatu tempat, seringkali kita terbiasa menyalakan lampu di dalam mobil. Kita juga terbiasa menyalakan radio untuk mengatasi rasa bosan saat mobil dalam kondisi berhenti. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa berdampak buruk bagi kondisi aki Anda.

Sebaiknya, matikan semua komponen yang memiliki hubungan dengan listrik saat mesin mobil Anda dalam kondisi mati. Tindakan sederhana ini akan membantu menjaga muatan listrik pada aki. Kondisi ini akan membuat aki tetap bisa bekerja kembali dengan normal saat mesin dihidupkan.

  1. Periksa Kebocoran Aki

Pastikan Anda selalu memeriksa kemungkinan terjadinya kebocoran aki secara rutin. Jika Anda menemukan kebocoran aki maka segera bersihkan area kebocoran tersebut. Namun, jika kebocoran aki sudah sangat parah maka Anda harus segera mengganti aki dengan yang baru.

  1. Rutin Tune Up

Jika Anda tidak sempat melakukan pemeriksaan aki sendiri, maka Anda bisa ke bengkel dan melakukan tune up secara rutin. Ketika Anda melakukan tune up maka kondisi aki akan diperiksa secara menyeluruh. Anda bisa mengetahui dengan jelas apakah aki Anda masih dalam kondisi yang baik atau sudah harus diganti.

Itulah tadi 7 cara merawat aki agar tetap awet digunakan dan tidak mudah soak. Jika Anda melakukan perawatan dengan baik, maka Anda tak perlu sering-sering mengganti aki. Apalagi harga aki mobil cukup mahal sehingga Anda harus benar-benar merawatnya sebaik mungkin.