4 Cara Mengatasi Keluhan Gatal Tanda Hamil Anak Pertama

Saat hamil anak pertama, biasanya para wanita belum paham betul seperti apa tanda-tandanya selain mual dan pusing yang sudah umum. Sebenarnya, gatal juga bisa menjadi tanda hamil. Sayangnya, gatal tanda hamil ini sering dianggap gatal-gatal biasa. Perasaan gatal ini sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan cara-cara berikut.

  1. Tidak Digaruk

Hal refleks yang pertama kali terpikirkan saat kulit terasa gatal adalah digaruk. Meski bukan untuk menyembuhkan, setidaknya bisa mengurangi rasa tidak nyaman di kulit. Tapi, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan menggaruk ini, apalagi dengan kuku panjang yang bisa saja menyimpan kuman dan bakteri.

Nah, kalau sampai kulit Anda lecet akibat keseringan menggaruk, kuman tersebut bisa masuk ke dalam luka. Tidak hanya iritasi, ada kemungkinan Anda akan mengalami infeksi. Untuk mencegahnya, coba gosok dengan lembut menggunakan punggung tangan.

  1. Oleh Pelembap atau Krim Gatal

Kalau digosok perlahan menggunakan punggung tangan masih tidak mengurangi rasa gatal, bahkan semakin gatal dan berlangsung lama, segera oleskan pelembap kulit atau krim gatal. Hal ini dikarenakan kulit ibu hamil lebih mudah kering dan mengalami dehidrasi.

Kemudian, dengan pelembap kulit ini, kulit yang semula kering kembali lembap dan rasa gatalnya bisa hilang karena rasa dingin yang dihasilkan pelembap. Biasakan mengonsumsi atau menggunakan obat yang aman untuk anak-anak dan ibu hamil. Krim pelembap yang aman biasanya tidak mengandung parfum.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah diulas pada poin sebelumnya, gatal tanda hamil bisa disebabkan suplai darah yang meningkat di kulit hingga kulit mengalami kekeringan. Nah, dengan memperbanyak minum air putih, kulit pun terhindar dari dehidrasi serta gatal-gatal pun akan mereda.

Kulit kering dan gatal pada seorang wanita yang sudah didiagnosa positif hamil juga bisa diatasi dengan mandi. Tapi, bukan mandi air hangat meski suhunya efektif membasmi kuman penyebab penyakit kulit. Sebagai gantinya, kompres bagian kulit yang gatal dengan air dingin. Dijamin berkurang rasa gatalnya.

  1. Segera Hubungi Dokter

Jika keempat cara di atas masih belum membuahkan hasil, sebaiknya segera hubungi dokter. Setelah melihat gejala yang Anda alami dan melakukan diagnosis, maka dokter bisa segera menemukan penyebab berikut penanganan paling tepat untuk perawatan gatal-gatal yang Anda derita.

Obat yang biasanya diberikan dokter berupa salep, gel, krim, dan sejenisnya. Obat-obatan luar ini khusus diberikan pada wanita hamil. Tapi dengan beberapa pertimbangan tertentu, ada juga obat gatal yang harus diminum.

Nah, Anda mulai paham bukan, bagaimana cara mengatasi gatal tanda hamil? Saat kehamilan kedua dan seterusnya pun Anda bisa lebih siap. Selanjutnya informasi seputar kehamilan bisa Anda peroleh di Orami Magazine dan produk untuk meringankan gatal-gatal tersebut bisa dibeli di online shop atau marketplace terpercaya, yakni orami.co.id.