3 Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Yang Bisa Anda Pilih

Cek tagihan listrik bulanan wajib untuk anda ketahui khususnya bagi anda yang masih menggunakan listrik pascabrayar. Di Indonesia sendiri, terdapat 2 jenis instalasi listrik yakni prabayar dan pascabayar. Untuk prabayar sendiri biasanya merupakan pemasangan listrik yang sudah dibayar sebelumnya dengan menggunakan pulsa atau token.

Sedangkan untuk pascabayar merupakan pembayaran listrik yang baru dibayar setelah sebulan pemakaian. Dan ternyata system instalasi listrik pascabayar inilah ternyata masih banyak digunakan di Indonesia. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah menginstall listrik sejak lama. Pastinya sebagai seorang pelanggan, anda ingin mengetahui berapakah tagihan listrik anda selama sebulan bukan?

3 Cara cek tagihan listrik bulanan

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui bagaimana cara cek tagihan listrik bulanan anda. Anda tidak perlu datang langsung ke kantor PLN, pasalnya anda bisa langsung memanfaatkan smartphone, pulsa dan internet yang anda miliki. Buat anda yang penasaran, anda bisa langsung mengecek tagihan listrik anda dengan cara berikut ini.

  1. Dengan menghubungi customer service PLN

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik anda adalah anda bisa mengeceknya dengan cara menghubungi customer service PLN. Adapun nomor yang bisa anda hubungi adalah 123. Untuk anda yang ingin menelfon PLN dari ponsel, maka anda bisa menggunakan format (kode area)123.

Sebagai contohnya kode area Jakarta yakni 021-123 apabila anda sudah berhasil tersambung ke bagian customer servicenya, maka anda bisa segera mengikuti instruksi yang berikutnya. Menariknya lagi, layanan telefon ini akan dibuka selama 24 jam.

  1. Lewat sms

Selain dengan menghubungi lewat ponsel, anda juga bisa menghubungi PLN untuk mengetahui tagihan listrik bulanan ada. Cara ini sendiri hanya membutuhkan pulsa saja. Adapun layanan ini tersedia bagi anda yang menggunakan operator Indosat, T-fleksi, Xl serta telkomsel. Untuk format pengirimannya adalah REK (spasi) Nomor ID pelanggan dan kirim ke 8123.

Ini akan membuat anda berlangganan untuk mengetahui tagihan listrik anda secara bulanan. Untuk mendapatkan langganan sms ini, anda akan dibebankan biaya pulsa juga. Sedangkan untuk anda yang ingin berhenti berlangganan, maka anda bisa langsung menggunakan format PLN OFF spasi no ID pelanggan dan kirim ke nomor yang sama.

  1. Via Online

Selain dengan menggunakan kedua cara diatas, anda juga bisa cek tagihan listrik bulanan anda secara online yakni melalui  aplikasi PLN. Pertama anda bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi PLN mobile. Anda harus membuat akun PLN terlebih dahulu jika anda merupakan pengguna baru.

Anda bisa login untuk menggunakan aplikasi ini. Jika sudah maka secara otomatis profil maupun tagihan listrik akan ditampilkan pada aplikasi tersebut. jika anda tidak mempunyai profil, tenang saja, anda masih bisa mengeceknya yakni masuk tanpa login . untuk mengecek tagihan listriknya, anda bisa langsung memilih menu informasi tagihan dan token listrik.

Mudah bukan bagaimana cara untuk mengecek tagihan listrik bulanan yang anda miliki. Listrik pascabayar ini sendiri ternyata juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi penggunanya  diantaranya adalah listrik akan selalu tersedia tanpa  perlu kehabisan seperti prabayar. Dan anda juga tidak perlu untuk melakukan  pengisian token pulsa anda sendiri.

Mengecek  tagihan listrik anda secara rutin memang akan memberikan sejumlah manfaat bagi anda agar anda bisa menyiapkan dana untuk pembayarannya  demikian cara cek tagihan listrik bulanan yang bisa anda pilih.