Waktu Mandi yang Baik untuk Bayi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Perlengkapan mandi merupakan perlengkapan yang juga harus Anda persiapkan sebelum kelahiran bayi. Anda akan mendapatkan promo ramadhan 2018 jika waktu kelahiran Anda masih setelah ramadhan usai. Waktu mandi yang baik dan manfaat mandi akan terasa lengkap dengan adanya perlengkapan mandi yang berkualitas.

Kapankah Waktu Mandi Bayi yang Baik?

  1. Mandikan Bayi di Pagi Hari

Waktu pertama yang baik untuk memandikan bayi adalah jam 7 hingga 9 setelah bayi usai dijemur dan disusui dengan jeda waktu satu sampai 2 jam. Mandi setelah berjemur dan menyusui akan membuat bayi merasa lebih nyaman.

Anda tetap harus menggunakan air hangat sampai bayi berusia 3 bulan karena di usia ini bayi masih rentan terkena udara dingin. Jangan lupa untuk menyediakan handuk yang hangat untuk mengelap tubuh bayi yang basah.

  1. Mandikan Bayi di Malam Hari

Pada jam ini Anda akan memiliki banyak waktu untuk bermain dengan bayi selama mandi. Mandi di malam hari juga menggunakan air hangat agar bayi Anda tidak kedinginan. Anda sebaiknya memandikan bayi di dalam ruangan agar terasa hangat.

Sedangkan untuk bayi yang tali pusarnya belum lepas agar tidak dimandikan dahulu karena bisa terinfeksi. Mandi di malam hari juga memberikan kesegaran dan ketenangan pada bayi saat akan tidur malam. Sehingga metabolisme tubuhnya menjadi lebih lancar.

Apakah Manfaat Mandi Bagi Kesehatan Bayi?

  1. Perawatan Kulit

Mandi berguna untuk membuat kulit bayi menjadi halus dan bersih. Kulit bayi yang masih sensitif dan mudah mengalami iritasi harus menggunakan sabun yang aman untuk mandi. Anda bisa mendapatkan sabun yang aman di toko perlengkapan bayi dengan harga promo ramadhan 2018.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Saat mandi, Anda akan secara tidak langsung melakukan pijat dengan lembut pada bagian lengan dan kaki bayi Anda. Pijatan yang dilakukan akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, Anda dapat melakukan pemeriksaan pada tubuh bayi, apakah mengalami ruam atau kulit kering.

  1. Melindungi Bayi dari Bakteri

Bakteri suka sekali menyelip pada bagian selangkangan, ketiak, belakang telinga, dan leher. Mandi akan membuat bakteri tersebut terbasmi dengan mudah. Pastikan Anda melakukan bilasan yang bersih pada bagian ini. Kemudian gunakan handuk yang memiliki daya serap yang tinggi agar dapat mengeringkan tubuh bayi dengan optimal.

  1. Stimulasi Saraf Sensorik

Salah satu cara menstimulasi saraf sensorik bayi adalah dengan memandikannya. Aktivitas selama mandi membuat bayi bergerak dengan aktif sehingga inderanya menerima dan melakukan respon rangsangan dengan baik. Anda bisa mengajaknya berbicara dan bermain agar bayi Anda menjadi lebih aktif.

  1. Perkembangan Kognitif

Aroma yang dihasilkan sabun dapat menstimulasi bagian otak terdekat. Ingatan bayi akan melekat dengan aroma parfum yang diciumnya. Ada baiknya Anda mengganti aroma sabun yang digunakan setiap bulannya agar bayi Anda menerima rangsangan baru terhadap berkembangan otaknya.

Sabun bayi yang aman ialah tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Anda bisa mencari informasi terkait kandungan sabun yang aman untuk bayi. Setelah mengetahuinya Anda bisa berbelanja dengan promo ramadhan 2018 di toko perlengkapan bayi.