Wajib Dibaca! Makna Dan Pentingnya Parenting Untuk Para Orang Tua

Banyak sekali yang bertanya mengenai parenting, apasih makna parenting? Secara saat ini banyak sekali seminar terbuka dengan tema parenting. Serta lembaga sekolah yang gencar membahas mengenai parenting. Bagi yang masih awam, pastinya masih menjadi tanda tanya sebenarnya apa parenting dan seberapa pentingnya parenting tersebut. Para orang tua ataupun calon orang tua, harus mengetahui apa sebenarnya parenting dan seberapa besar arti dari parenting tersebut.

Arti Parenting

Parenting merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Inggris ‘parent’, dimana kata tersebut memiliki arti orang tua. Sedangkan dalam bahasa Inggris imbuhan kata ‘ing’ mempunyai arti sedang mengerjakan sesuatu. Jika dilihat dari makna parenting berdasarkan kosakata artinya orang yang sedang mengerjakan atau melakukan aktivitas sebagai orang tua. Dan berdasarkan arti parenting adalah ilmu tentang mengasuh, mendidik dan membimbing anak dengan baik dan benar. Orang tua adalah sekolah mendasar anak anaknya, oleh karena itu menjadi orang tua harus memiliki ilmu.

Pentingnya Parenting Bagi Orang Tua

Banyak orang terdahulu berkata untuk mengasuh anak tidak perlu pendidikan yang tinggi. Ini adalah sebuah ungkapan salah besar, siapa bilang mengasuh anak tidak membutuhkan pendidikan? Untuk dapat membentuk anak menjadi anak yang berkarakter, percaya diri, serta mandiri pastinya dibutuhkan sebuah ilmu. Disinilah letak pentingnya parenting bagi orang tua, baik yang sudah menjadi orang tua ataupun calon orang tua. Sebagai orang tua selain mengantongi ilmu yang cukup, juga perlu mengikuti perkembangan zaman. Ketika anda masih kecil pastinya berbeda zaman dengan anak kita saat ini. Pola mengasuh juga pasti berbeda antara dulu dan sekarang. Menjadi orang tua yang selalu up to date memang baik, namun kita juga harus memberikan batasan yang tegas agar anak dapat terkontrol.

Pastinya kini anda telah paham mengenai makna parenting serta pentingnya bagi orang tua bukan. parenting memang tidak dapat menentukan kesuksesan seorang anak, namun anak kita akan dapat memiliki karakter yang bagus, terkontrol serta taat pada orang tua.