Ssssh…! Jenis Teh dan Manfaat yang Jarang Kamu Ketahui

Teh merupakan minuman yang mengandung kafein serta dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai daun dan ditambahkan air panas, agar menjadi sebuah minuman.

Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih.

Istilah teh juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh. Selain itu, teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.

Ada juga teh dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati. Wangi teh melati pun menjadikannya sebagai teh populer di Indonesia.

Teh juga dikenal dengan khasiatnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti teh hijau dan teh melati. Namun, apakah kamu tahu bahwa ternyata ada banyak teh di luar sana yang juga memiliki kandungan dan manfaat bagi kesehatan tubuhmu?

Yuk, simak bareng!

1. Teh Hitam

 

Teh hitam mungkin sudah tidak asing di telinga kamu, tapi tahukah kamu?

Warna hitam yang dimiliki teh hitam ini berasal dari hasil fermentasi daun tanaman camellia sinensis yang dikeringkan dan dihancurkan. Teh ini juga memiliki kandungan kafein tertinggi dibandingkan dengan jenis teh lainnya, yaitu sekitar 40 mg per cangkirnya dan memiliki rasa yang agak pahit.

Oleh karena itu, bagi orang yang sensitif atau memiliki pantangan kafein tidak dianjurkan untuk meminum teh hitam.

2. Teh Merah

Teh merah atau sering dikenal sebagai teh rooibos merupakan minuman tradisional di Afrika Selatan yang sangat kaya akan zat antioksidan dan berguna untuk mencegah proses penuaan sel-sel tubuh serta meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Berbeda dengan teh hitam, teh merah tidak mengandung kafein, lho. Jadi, sangat bagus untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki pantangan kafein atau sedang tidak ingin mengonsumsi kafein.

3. Teh Putih

Teh putih dibuat tanpa melalui proses fermentasi dan menjadikannya mengandung berbagai senyawa kimia yang dapat membantu penyembuhan kanker.

Tidak hanya kanker, lho. Teh putih juga mengandung epigallocatechin gallate yang berfungsi untuk memperkuat elastis kolagen sehingga dapat menghambat tanda-tanda penuaan, seperti noda hitam dan kerutan halus.

  1. Teh Wild Holy

Teh yang satu ini memiliki rasa pahit dan biasanya digunakan sebagai pengobatan. Teh ini pun memiliki banyak khasiat untuk tubuh, antara lain mengatasi obesitas, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi pencernaan.

  1. Teh Masala

Teh masala ini dikenal sebagai teh asal India yang populer di berbagai belahan dunia. Teh ini dibuat dari campuran teh hitam dengan susu dan rempah-rempah, seperti jahe, kapulaga serta kayu manis.

Manfaat teh masala ini banyak juga, lho. Antara lain, dapat menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan daya ingat. Cara mengonsumsi teh ini bisa dengan mencampurkan jenis teh lain, seperti teh hijau agar khasiatnya semakin bertambah.

  1. Teh Kuning

Proses pembuatan teh kuning ini hampir sama dengan teh hijau, tetapi teh kuning mengalami proses pengeringan yang lebih lama, karena daun teh dibiarkan hingga menguning.

Daun teh menguning ini bukan berarti telah menjadi busuk, ya, tetapi memang cara untuk mendapatkan warna kuning pada teh tersebut.

Teh ini juga mengandung polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain dapat mencegah serangan jantung, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan penangkal radikal bebas.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba teh-teh tersebut atau sekedar ingin meminum teh, kamu bisa beli di honestbee, lho.

Toko supermarket online ini menyediakan berbagai jenis teh yang bisa kamu nikmati tanpa keluar rumah. Kamu tinggal pesan lewat sini, terus teh pesananmu akan diantar sampai rumah deh. Asyik, kan?

Yuk, buat kamu yang jarang minum teh, biasakan untuk mengonsumsi, ya. Selain berguna untuk kesehatan, menikmati teh juga dapat menurunkan tingkat stress kamu!