Museum Unik dan Menarik di Kawasan Kuta Bali

Bali, tempat wisata favorit yang berada di Indonesia. Di pulau yang berjuluk Pulau Dewata ini terdapat beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Pantai hingga alam pegunungan yang indah dan segar akan membuat para turis tak ingin pulang cepat dari sana.

Salah satu tempat yang sering dikunjungi para turis adalah Pantai Kuta. Di lokasi ini bisa ditemui banyak para selancar karena memang pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga cocok untuk melakukan kegiatan itu.

Kuta merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia yang cukup luas. Selain terkenal sebagai objek wisata, kawasan Kuta juga cukup ramai dengan berbagai tempat wisata menarik.

Di kawasan ini tersedia banyak restoran, villa, mall, dan tentu saja hotel-hotel berbintang, misalnya hotel di Sunset Road, Bali.

Tapi jika Anda akan/sedang berlibur di Kuta, apakah Anda hanya akan berwisata ke pantai saja atau tempat lain?

Selain tempat penginapan dan pusat perbelanjaan, ada satu tempat yang bisa Anda kunjungi. Tempat ini juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan pengunjung.

Tempat ini berupa museum, tapi tidak menyajikan berbagai benda kuno atau artefak. Museum ini menampilkan berbagai macam kain. Uniknya, museum ini diberikan sentuhan multimedia interaktif untuk membuat pengunjung lebih mudah untuk mengetahui informasi mengenai kain.

Ingin tahu lebih lanjut? Berikut informasi tentang museum ini menurut tulisan di situs web National Geographic Indonesia.

Pada saat pertama kali pengunjung menapakkan kaki di Musuem Kain, tepatnya di ruang area penyambutan yang disajikan audio serta visualisasi tradisi kain yang dinamis.

Ini dibuat untuk membuat pengunjung bisa berinteraksi, tidak hanya menerima saja. Tidak hanya itu saja, visualisasi kain juga dibuat dengan teknologi 3D. Salah satunya, yakni gambar 3D kain batik beraneka corak.

Museum ini didirikan oleh Josephine Komara, yang dikenal sebagai Obin, pemilik BINhouse yang membuat kain perpaduan teknik tradisional. Ada berbagai macam kain tenun dan batik hasil rancangannya, dari kain panjang, sarung, selendang, shoulder cloth, dan lain-lain.
Pengunjung lalu akan disajikan deretan foto dari masa ke masa tentang batik dan kain di Nusantara. Foto-foto lama yang hitam putih hingga foto-foto berwarna ditampikan di ruangan peralihan. Tak hanya itu, ada juga foto-foto artefak patung emas dimana tokohnya memakai batik.

Setelah itu, para pengunjung bisa melihat deretan kain yang mewakili setiap tahap pembuatan batik dimana di bawah kain-kain itu terdapat video yang memperlihatkan proses pembuatannya.

Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa menyentuh kain-kain dari setiap tahapan pembuatan sehingga mereka bisa merasakan kain-kain itu.

Tersedia pula media permainan dengan teknologi layar sentuh yang bernama “How to Make Batik”. Permainan ini berupa Puzzle game yang memperlihatkan tahapan membuat batik. Para pengunjung diajak berinteraksi dengan dunia batik.

Ada dua permainan lagi, yakni “Make Your Own Sarong”. Disini para pengunjung diajak menyusun motif dan latihan mendesain kain. Satu lagi, para pengunjung bisa ditunjukan cara memakai kain dan belum dilengkapi kainnya.

Di ruang berikutnya, pengunjung akan melihat berbagai koleksi kain antik yang dimiliki Obin. Ada juga bilik khusus untuk berbagai kain batik dari Solo dan Cirebon.

Para pengunjung akan merasa seperti sedang berada di museum luar negeri. Diharapkan selain para pengunjung lokal dan turis Asia, seperti Korea dan Jepang, para turis mancanegara asal negara Barat, akan mengunjungi museum ini.

Berkunjung ke museum ini bisa dijadikan salah satu pengisi waktu liburan Anda di kawasan Kuta. Kawasan ini memang ramai akan berbagai tempat wisata, selain pantai tentunya.

Di kawasan ini juga banyak berdiri tempat penginapan/hotel, misalnya, hotel-hotel di Sunset Road, Bali. Anda yang akan berlibur di kawasan ini bisa memilih salah satu hotel di kawasan ini, salah satunya adalah Golden Tulip Jineng Resort Bali.

Hotel bintang 4 di Jalan Sunset Road Bali ini memiliki berbagai fasilitas yang akan membuat para tamu merasa bagaikan berada di rumah sendiri. Berbagai pelayanan salah satu hotel di Sunset Road Bali ini akan membuat para tamu merasakan kenyamanan luar biasa.

Selain itu, hotel ini berada di lokasi yang cukup strategis di kawasan Kuta sehingga akan memudahkan para tamu berjalan-jalan ke berbagai objek wisata di kawasan ini.

Jadi saat Anda sedang menginap di hotel ini dan berlibur di Bali, khususnya Pantai Kuta maka pastikan untuk tidak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke museum ini. Museum ini berada di lantai 3 Beachwalk Shopping Center di Pantai Kuta.