Kulkas Anda Tidak Dingin? Kenali Penyebabnya

Barang elektronik memang merupakan barang wajib yang dimiliki oleh rumah tangga terutama masyarakat perkotaan. Salah satu barang elektronik yang wajib dimiliki adalah kulkas atau lemari es. Tidak hanya untuk mendinginkan makanan atau minuman, kulkas berfungsi untuk menjaga kualitas makanan serta minuman dalam waktu yang lama agar awet dan tidak cepat basi.

Bagaimana jadinya bila kulkas Anda mengalami masalah? Masalah yang terjadi pada kulkas, biasanya terjadi dari berbagai macam faktor. Salah satunya yang sering dijumpai pada kulkas Anda yaitu kulkas tidak dingin. Jika Anda termasuk orang yang suka dengan makanan atau minuman dingin. Tentu kulkas yang rusak membuat Anda kecewa.

Namun tidak perlu panik jika kulkas Anda tidak dingin. Terlebih dahulu Anda harus mengenali penyebabnya lalu perbaiki masalah atau kerusakannya. Beberapa masalah diantaranya dapat Anda atasi sendiri. Namun untuk beberapa kasus yang berat tentu perlu penanganan sang ahli. Apabila Anda tidak mengerti segera hubungi jasa service kulkas. Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri, karena jika salah maka bisa berdampak buruk terhadap kulkas anda.

Apa saja sih penyebab kulkas yang tidak dingin?

Penyebab kulkas yang tidak dingin bisa disebabkan oleh hal-hal yang tampak sepele namun sering terlupakan. Selain itu, faktor teknis yang terjadi juga dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin. Berikut beberapa penyebab kulkas yang tidak dingin yang mungkin terjadi pada kulkas Anda.

Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Seringkali setiap kita mengambil minum atau makanan dari dalam kulkas, kita lupa menutup pintu kulkas dengan rapat. Hal ini bisa menyebabkan kulkas yang tidak dingin. Periksalah apakah karet pada bagian pinggir kulkas Anda masih dalam kondisi baik. Bila ada yang mengganjal coba dibersihkan atau bila karet tidak pada tempatnya, Anda bisa perbaiki dan menaruhnya ke tempat yang semula.

Terlalu Sering Membuka Kulkas

Penyebab kulkas yang tidak dingin dapat disebabkan oleh seringnya Anda membuka pintu kulkas anda. Terutama jika Anda memiliki anak-anak, mereka biasanya senang dengan udara sejuk dan sengaja membuka pintu kulkas dalam waktu yang lama. Hal ini membuat kulkas bekerja tidak maksimal dan menyebabkan kulkas tidak dingin.

Terlalu Banyak Memasukkan Makanan

Kulkas yang penuh dengan makanan membuat kulkas tidak bekerja secara maksimal. Kulkas yang terlalu penuh dapat mengurangi jumlah aliran udara dan menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini juga berlaku jika anda memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas, kebiasaan ini membuat udara dalam kulkas Anda tidak bekerja dengan maksimal dan kalah dengan suhu panas dari makanan tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memasukkan makanan yang panas kedalam kulkas. Lebih baik diamnya terlebih dahulu hingga suhu panas berkurang kemudian masukkan ke lemari es.

Kompresor yang rusak

Kompresor merupakan komponen yang terpenting dalam kulkas. Kompresor berfungsi untu kmenyebarkan udara dingin dalam kulkas. Kompresor yang rusak tentu dapat menyebabkan kulkas tidak dingin. Solusinya adalah mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru. Mengganti kompresor cukup sulit, oleh karena itu serahkan pada ahlinya.

Freon Bocor

Kerusakan pada sistem freon menyebabkan kulkas Anda bocor dan mengeluarkan air. Hal ini menyebabkan kulkas anda tidak dingin. Sebaiknya hubungi jasa service kulkas untuk mengisi freon atau menambal apabila ada kerusakan.

Fuse Putus

Fuse ini berfungsi untuk mencarikan bunga es. Letaknya di bagian dalam freezer atas. Jika fuse ini rusak maka dapat mengakibatkan bunga es yang terlalu banyak, sehingga kulkas tidak dingin.

Thermostat Rusak

Thermostat merupakan komponen pengatur suhu yang akan menjaga suhu kulkas sesuai yang diinginkan. Selain thermostat, komponen pengatur suhu lainnya seperti defrost, fan, heater dan timer. Jika salah satu komponen tersebut rusak maka dapat menjadi penyebab kulkas Anda tidak dingin dan kinerja kompresor akan terganggu.

Itulah beberapa informasi penyebab kulkas yang tidak dingin. Semoga bermanfaat!