Jadikan Aki Motor Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

Komponen penting atau vital di dalam mesin sebuah sepeda motor ada banyak dan salah satunya adalah aki motor. Aki ini merupakan sumber sekaligus komponen yang menyalurkan energi listrik secara merata ke seluruh komponen mesin motor. Sehingga menjadi salah satu sumber yang membuat motor bisa dinyalakan atau tidak, untuk kemudian dijalankan ke destinasi yang ditetapkan. Sekilas cukup sederhana namun kalau tidak dipahami dengan baik perawatannya maka aki ini mudah soak.

Beberapa pemilik sepeda motor mampu menggunakan satu aki selama lima tahun, angka lima disini tentu saja termasuk fantastis. Anda pun sebenarnya memiliki kemungkinan yang sama untuk mendapatkan aki yang tahan lama lebih dari setahun, termasuk aki kering. Tentunya dengan catatan Anda sudah memberikan perawatan yang tepat dan memadahi sebab tanpa campur tangan Anda selaku pemiliknya. Dipastikan umur aki ini terbatas dan wajib membeli baru padahal harganya tidak murah lebih-lebih untuk merek ternama.

Membeli aki memang mudah sebab tersedia di toko khusus sparepart, bengkel, dan juga beberapa toko online yang menyediakan komponen sepeda motor. Namun kalau Anda memiliki dompet yang tebal kalau memang sangat tipis, alih-alih membeli baru kadang yang sudah soak pun diusahakan agar mampu bekerja sebagaimana mestinya. Tentunya menjadi tindakan tidak pintar sama sekali kalau tidak mau dan mampu merawat aki yang dimiliki, padahal tidak terlalu sulit kalau mau mencobanya.

Menjadikan Aki Sepeda Motor Awet Lima Tahun

Supaya umur aki motor bisa sampai ke angka lima tahun Anda perlu melakukan perawatan terbaik, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Membatasi jumlah aksesoris pada motor,

Tidak semua aksesoris pada motor mampu menjadikan motor lebih awet terutama pada bagian aki kalau memang menyerap energi listrik. Batasi jumlah dan jenis aksesoris yang mengkonsumsi energi listrik kalau tidak mau kedapatan akinya tekor dan soak, sehingga bisa tahan sampai lima tahun.

  1. Panaskan mesin motor secara teratur,

Membiarkan motor kesayangan berdiam diri di garasi selama sekian minggu atau malah berbulan-bulan akan membuat aki anda rusak parah. Didiamkan boleh dan tidak dipakai cukup lama kalau memang tidak dibutuhkan, namun jangan sampai lupa memanaskan mesin motornya. Pemanasan ini bertujuan untuk menstabilkan kondisi aki agar mampu bekerja dengan baik dalam mensuplay dan menyalurkan energi listrik yang dihasilkan. Maka jangan mendiamkannya terlalu lama.

  1. Sesekali pacu kecepatan motor sekitar 60 km/jam atau lebih,

Mengebut memang bukanlah tindakan pintar seorang pengendara sepeda motor, namun sesekali bisa dilakukan dengan tujuan merawat akinya. Faktanya memang demikian karena pemilik motor yang sering memacu kecepatannya minimal 60 km/jam membuat akinya betah sampai lima tahun. Sementara kalau melaju terlalu lambat atau mungkin sengaja lambat maka akinya akan mudah soak, Anda tentu tidak menghendakinya. Maka sesekali tancap gas, minimal 20 menitan maka aki akan tahan lama.

  1. Tidak memaksa starter elektrik bekerja dengan baik,

Semua motor kini dilengkapi dengan starter elektrik sehingga tidak perlu bersusah-payah mengeluarkan tenaga untuk menghidupkan mesin motor. Cukup menekan tombol start, maka otomatis mesin akan menyala dan siap dipakai bepergian kemana saja. Hanya saja usahakan tidak memaksa tombol ini bekerja efektif setiap saat, kalau memang sulit menyala maka tunggu lima menitan. Sebab ketika menekan starter elektrik aki motor bekerja keras sehingga kalau sudah dicoba gagal terus biarkan aki istirahat sebentar baru di starter lagi.