Deposito atau Tabungan Berjangka, Mana yang Lebih Menguntungkan

Ada banyak pilihan jenis investasi yang tersedia dengan berbagai tingkat risiko dan jumlah keuntungan yang berbeda. Deposito dan tabungan berjangka bisa menjadi pilihan bagi investor pemula. Berikut ini sedikit ulasan tentang dua jenis investasi tersebut beserta keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Perbandingan Besaran Suku Bunga

Deposito dan tabungan berjangka atau yang biasa juga disebut tabungan rencana merupakan jenis investasi yang lumayan diminati para investor. Tingkat risikonya yang rendah dengan keuntungan lumayan menjadikan dua jenis investasi ini menjadi pilihan bahkan bagi para investor pemula sekalipun.

Deposito memiliki suku bunga yang lebih besar dari tabungan rencana yaitu sekitar 5% hingga 10% per tahunnya. Sedangkan tabungan rencana memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan konvensional namun tetap masih lebih rendah daripada deposito. Suku bunga pada tabungan rencana umumnya sekitar 0,75 hingga 4.5 per tahunnya.

Hal ini tentu akan memberikan dampak bagi nilai akhir investasi yang akan Anda dapatkan setelah jatuh tempo nanti. Secara nilai keuntungan, deposito jelas akan memberikan return yang lebih besar daripada tabungan rencana karena besarnya bunga yang didapat.

Perbedaan Jumlah Setoran Awal

Jika Anda memilih berinvestasi pada deposito, bank menetapkan setoran awal pembukaan deposito minimal sebesar 5 juta rupiah. Hal inilah yang menyebabkan deposito menjadi salah satu pilihan investasi bagi Anda yang memiliki pendapatan menengah ke atas. Selain itu, deposito juga memiliki beberapa tanggungan biaya selama masa investasi yang cukup besar.

Sedangkan tabungan rencana merupakan salah satu jenis investasi terbaik bagi Anda yang memiliki pendapatan menengah ke bawah. Syarat dan mekanismenya pun cukup mudah, Anda hanya harus memiliki rekening konvensional di suatu bank lalu membuka rekening tabungan rencana di bank tersebut.

Setoran awal tabungan rencana minimal sekitar Rp100.000,00 dengan besaran setoran per bulan yang bisa Anda atur sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Setoran bulanan pada tabungan rencana ini juga akan mengalami autodebet langsung dari rekening konvensional Anda sehingga Anda tidak perlu repot menyiapkan dana setiap bulan.

Memiliki Layanan Tambahan di Luar Investasi

Beberapa bank menerima deposito sebagai jaminan jika ingin mengajukan pinjaman kepada mereka. Hal inilah yang membuat deposito menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan. Meski begitu, Anda tidak bisa melakukan penarikan dana sebelum jatuh tempo atau Anda akan dikenakan denda yang cukup besar.

Kekurangan ini membuat deposito tidak terlalu fleksibel dan tidak bisa menjadi pilihan untuk memproteksi keuangan. Anda tidak bisa menarik dana jika sedang terdesak. Namun, deposito tetap merupakan pilihan investasi yang baik bagi Anda yang memerlukan dana dalam jangka panjang.

Tabungan rencana biasanya menyertakan layanan asuransi pada nasabah yang mengikuti tabungan ini. Anda tidak perlu membayar premi setiap bulan, namun sudah terdaftar memiliki polis di salah satu asuransi yang bekerjasama dengan bank Anda.

Lebih mudah melakukan penarikan dana pada tabungan rencana karena pihak bank memberikan layanan tersebut meski belum jatuh tempo. Anda tidak akan terkena denda dan bahkan beberapa bank membebaskan biaya administrasi bagi produk tabungan rencana yang mereka miliki.

Sedikit ulasan tentang deposito dan tabungan berjangka di atas bisa membantu pertimbangan Anda. Deposito jelas lebih cocok bagi yang memiliki pendapatan besar dan memerlukan dana dalam jangka waktu panjang.

Sedangkan tabungan rencana lebih sesuai bagi Anda dengan pendapatan menengah dan memerlukan proteksi finansial dalam jangka waktu pendek. Keduanya memberi jaminan investasi yang aman dan rendah risiko namun memberikan penawaran keuntungan yang berbeda meski dengan jangka waktu yang bisa Anda atur sesuai keinginan.

Jika Anda ingin berinvestasi pada deposito atau tabungan rencana, Anda bisa memilih produk investasi terbaik dari DBS Bank. Ada banyak penawaran dan layanan terbaik yang akan kami berikan untuk Anda selama berinvestasi.