Beragam Pilihan Model Baju Batik Kombinasi untuk Wanita

Batik merupakan kain tradisional yang memiliki motif penuh untuk semua bagian kainnya. Motif batik ini dibuat dengan cara tulis atau cap dengan kualitas yang terbaik sehingga batik sudah menjadi kain tradisional favorit masyarakat dunia. Akan tetapi karena motifnya yang penuh untuk seluruh kain, jika Anda menggunakan batik sebagai bahan pembuat setelan busana, akan terlihat terlalu ramai yang mengganggu arah pandang orang lain pada diri Anda. Bayangkan jika atasan sudah ramai dengan motif begitu juga bagian bawahannya. Busana akan terlihat mencolok namun tanpa selingan atau variasi. Berbeda jika Anda menambahkan unsur lain misalnya dengan kain polos ataupun kain tradisional lainnya. tampilan akan lebih terlihat serasi dan nyaman untuk dilihat. Bagi Anda yang ingin menjahitkan kain batik, hal tersebut perlu dipertimbangkan. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa model baju batik kombinasi dengan kain polos untuk wanita yang bisa Anda tiru atau kembangkan.

1. Atasan ala Jepang.

Busana kimono ala Jepang juga bisa dibuat menggunakan kain polos dan batik. Gunakan batik hanya pada bagian tepi baju saja dengan membuat model kancing miring atau segi tiga tanpa kerah seperti baju kimono. Bagian lain gunakan kain polos berwarna sama dengan warna motif batik Anda. Untuk bagian lengan, Anda bisa membalik pola yaitu dengan menggunakan batik untuk lengan dan kain polos untuk tepian lengan.

2. Kerah pita.

Menggunakan resleting samping sehingga lebih rapi, busana ini didesain dengan sederhana dan hanya mengandalkan permainan motif batik dan kain polos saja. Satu bagian menggunakan kain batik sedangkan bagian satunya menggunakan kain polos. Akan tetapi pada ujung lengan justru menggunakan kain yang berbeda sehingga memberikan variasi pada modelnya. Untuk kerah, gunakan kain batik begitu pula untuk membuat pita di kerah tersebut.

3. Long dress.

Model baju batik kombinasi lainnya adalah long dress dimana bagian atas menggunakan kain polos sedangkan pada bagian bawah menggunakan kain batik. Akan tetapi Anda juga bisa membalik kombinasi ini dengan bagian atas yang menggunakan batik dan bagian bawah yang menggunakan kain polos ditambah aksen batik pada bagian ujung kain. Untuk mempercantik modelnya, tambahkan ikat pinggang dari bahan batik untuk menyatukan kedua kain dengan lebih lembut.

4. Gamis.

Gamis juga bisa dibuat dari kain batik panjang. Akan tetapi gamis juga memiliki bagian atasan yaitu hijab panjang. Jika Anda ingin membuat gamis dari bahan batik sebaiknya menambahkan kain polos dengan warna senada untuk membuat hijab sehingga tidak terlalu ramai terlihat. Tambahkan aksen batik pada bagian hijab seperti dibagian ujung ataupun di muka hijab.

5. Blazer.

Blazer dari batik juga bisa dibuat, akan tetapi hanya modelnya saja namun penggunaannya sama seperti atasan atau kemeja. Gunakan kain polos untuk bagian dalamnya dan jadikan satu dengan kain batik sebagai jahitan blazer atau rompi luar.

Itulah beberapa model baju batik kombinasi kain polos yang bisa Anda jadikan referensi ketika akan menjahitkan bahan batik. Masih banyak model baju kombinasi lainnya yang bisa Anda cari dengan mudah yaitu memanfaatkan situs jual beli online yang banyak memiliki produk busana batik kombinasi. Jika Anda tak ingin repot atau menunggu jahitan, membeli model jadi juga bisa dilakukan karena banyak model yang dipasarkan dengan harga yang sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.