Apa itu Pinjaman Uang untuk Investasi Reksadana?

Bagi kalangan pemodal secara individu maupun institusional, investasi reksadana cukup menjanjikan. Soalnya tanpa tahu dan mempelajari analisis keuangan, keuntungan per tahun bisa didapatkan. Bahkan dengan pinjaman uang 50.000 Rupiah saja bisa langsung investasi. Untuk lebih jauh mengenal investasi ini, silakan cermati hal-hal berikut ini.

Investasi Reksadana itu Terdiri dari Kumpulan Dana Masyarkat

Secara singkat, reksadana itu berkaitan dengan pengumpulan dana dari masyarakat, kemudian dikelola pihak fasilitator. Dana tersebut nantinya digunakan untuk membeli obligasi maupun instrumen keuangan lainnya. Pihak yang berinvestasi tidak perlu aktif. Cukup menyuplai dana saja. Katakanlah per bulannya 50 ribu Rupiah atau 100 ribu.

Adanya Manajer Investasi

Setiap fasilitator memiliki manajer yang mengurus investasi tersebut. Dengan kata lain, dana yang Anda berikan betul-betul dipasrahkan pada pihak tersebut. Berbeda dengan investasi saham, sebab Anda sendiri yang menjadi manajer dengan membeli saham tersebut. Soalnya investasi saham itu didasarkan pada lot saham, bukan keuntungan persenan per tahun.

Besarnya Modal Investasi Reksadana

Pihak fasilitator yang mengurus investasi ini pasti betul-betul punya komitmen tinggi. Rata-rata dana yang dikumpulkan berasal dari masyarakat luas. Oleh karena itu, tidak ada ceritanya investasi ini mengharuskan Anda menaruh modal yang besar. Kira-kira 100.000 per bulan sudah cukup.

Bagaimana dengan Perhitungan Return Investasi?

Tadi ada bahasan tentang investasi saham. Nah, dalam reksadana itu memang ada saham, tapi perhitungannya berbeda. Pada reksadana saham, nilai return lebih kecil, soalnya modal dari masyarakat saja kecil. Perhitungan return berasal dari keuntungan atas selisih penjualan saham. Setiap tahunnya, nasabah akan menerima dividen dari pendapatan perusahaan.

Investasi Reksadana itu Bisa Diwariskan

Inilah kerennya reksadana. Walaupun Anda suatu hari katakanlah meninggal dunia, keuntungan per tahunnya bisa didapatkan oleh ahli waris. Hanya saja tetap konfirmasi dulu dengan pihak manajer investasi. Soalnya manajer itu yang mengurus segala uang keluar-masuk maupun administrasinya.

Setiap bulannya ambil pinjaman uang 50 ribu atau 100 ribu Rupiah kan tidak banyak. Sedangkan keuntungan per tahunnya bisa lebih dari 20 persen. Tanpa keluar keringat sama sekali. Pada saat yang sama, Anda bisa melakukan usaha di bidang lain. Modal untuk investasi reksadana itu dijamin aman karena dananya disimpan oleh bank kustodian.