7 Nutrisi Untuk Kucing Yang Harus Dipenuhi

Sama seperti manusia, kucing adalah makhluk hidup yang membutuhkan nutrisi untuk kesehatan tubuhnya. Namun, apakah nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing sama dengan manusia? Sebagai pecinta kucing, kamu harus tahu apa saja nutrisi untuk kucing yang harus diberikan setiap harinya. Dengan mengetahui nutrisi yang dibutuhkan tersebut, kamu bisa memberikan makanan yang tepat sesuai kebutuhan nutrisinya.Jika penasaran, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Air, Nutrisi Terpenting bagi Kucing

Air merupakan nutrisi terpenting, bukan hanya bagi manusia tetapi juga bagi makhluk hidup lain, termasuk hewan yang imut ini, apalagi kalau bukan kucing.Semua jenis makanan kucing mulai dari makanan kering hingga basah, semuanya memiliki kandungan air meskipun berbeda-beda.Selain itu, kamu juga harus menyediakan air yang bersih untuk minuman si kucing. Jika tidak memiliki akses air, kucing kesayanganmu bisa mengalami dehidrasi yang bisa mengakibatkan masalah serius bahkan kematian. Itulah kenapa air merupakan nutrisi paling penting untuk kucing.

Protein untuk Kucing

Selain air, kucing juga memerlukan banyak protein yang berfungsi untuk membentuk antibody, hormone, enzim, organ, jaringan dan sel-sel. Di samping itu, protein juga sangat bagus untuk perbaikan tubuh, reproduksi, pemeliharaan dan pertumbuhan.Untuk memenuhi kebutuhan protein untuk kucing, kita bisa memberinya protein hewani seperti telur, ikan, daging sapi, kalkun, kambing atau ayam.Jika ingin memberi telur pada kucing, jangan gunakan telur mentah karena bisa mengganggu metabolism energy, asam amino, glukosa dan lemak.Untuk protein nabati, bisa kalian berikan kedelai, sereal, dan sayuran.Namun, sayuran kurang bisa dicerna optimal oleh kucing.

Lemak untuk Kucing

Nutrisi selanjutnya adalah lemak.Seperti pada manusia, lemak juga memiliki fungsi yang sangat vital pada kucing.Lemak juga bisa memberi 2 kali jumlah karbohidrat dan protein.Selain itu, lemak juga diperlukan untuk pembentukan sel & produksi hormone.Lebih jauh lagi, lemak membantu dalam pelarutan vitamin dan memberikan perlindungan organ vital kucing.Jadi, lemak menjadi salah satu nutrisi untuk kucing yang harus dipenuhi.Untuk itulah makanan kucing yang diberikan harus mengandung asam lemak.Jika membeli makanan kucing di pet shop, sebaiknya kamu memperhatikan kandungan lemak yang ada pada makanan itu.

Karbohidrat untuk Kucing

Gizi untuk kucing yang selanjutnya harus dipenuhi adalah karbohidrat.Seperti kita tahu, karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh.Selain itu, karbohidrat juga memiliki peranan yang sangat penting untuk reproduksi dan kesehatan usus.Lalu, berapa karbohidrat yang dibutuhkan oleh kucing?Tidak ada batasannya.Tetapi, kucing memerlukan glukosa minimal untuk memasok energy pada otak atau organ penting lainnya.Kamu bisa memberikan resep makanan kucing sendiri di rumah atau membelikannya di pet shop.Sebelum membeli, pastikan kamu membaca kandungan nutrisinya secara lengkap. Makanan kucing dengan karbohidrat tinggi akan membuat kucing semakin aktif.

Nutrisi Serat untuk Kucing

Serat juga termasuk salah satu nutrisi paling penting untuk kucing.Serat merupakan karbohidrat yang tak bisa larut atau pecah. Beberapa di antara yang termasuk serat adalah gums, pectin, pati dan selulosa. Ada yang mengatakan kalau serat tidak lah terlalu penting untuk kucing.Namun jangan salah, serat sangat penting untuk kesehatan usus serta sistem pencernaan. Jadi, memberikan serat yang cukup pada kucing akan mencegah berbagai masalah pencernaan termasuk sembelit, cacingan, dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi, serat akan terfermentasi dalam saluran pencernaan sehingga mendorong pertumbuhan flora usus pada kucing yang sehat.

Vitamin dan Mineral untuk Kucing

Ada beberapa vitamin yang penting untuk kucing supaya metabolisme menjadi normal.Jadi, kita harus memenuhi kebutuhan vitamin pada kucing.Namun perlu hati-hati, jangan memberikan terlalu banyak vitamin karena dampaknya sangat besar, bahkan lebih besar dari pada kekurangan vitamin.Kebanyakan vitamin pada kucing bisa mengakibatkan keracunan.Kelebihan vitamin A menyebabkankulit kering, tulang rapuh dan nyeri sendi sedangkan kelebihan vitamin D menyebabkan pengapuran sendi, pengapuran jaringan lunak dan tulang terlalu padat.Nutrisi untuk kucing yang terakhir adalah mineral yang sangat bermanfaat untuk keseimbangan cairan dan kesehatan gigi & tulang.