3 Cara Merawat Cakar Kucing Menurut Anjuran Expert

Siapa sih yang tak suka memelihara kucing yang manis di rumahnya? Diakui atau tidak, kucing memang memiliki aura positif yang bisa ditularkan kepada pemiliknya. Tapi agak kaget juga ya, kok hewan selucu itu bisa-bisanya mempunyai cakar tajam tersembunyi pada kaki-kaki mungilnya. Begitulah memang kuasa Tuhan dalam menyempurnakan ciptaan-Nya.

Banyak dari kita berpikir, kucing yang terawat adalah yang tidak memiliki cakar tajam. Namun menurut para ahli yang dikutip dari All Women Stalk, memotong cakar kucing tak berfaedah sama sekali. Bahkan di beberapa negara hal tersebut tergolong tindakan ilegal. Lebih jelasnya, langsung simak saja cara merawat cakar kucing yang benar berikut ini.

  1. Fasilitasi Kebersihan Kucing

Letak cakar kucing berada di sela-sela kaki atau bagian bawah tubuhnya yang selalu bersinggungan dengan pijakan cenderung kotor. Untuk itulah, perawatan cakar kucing tak bisa lepas begitu saja dari status kebersihan kucing itu sendiri. Perlakuan bagi kucing terawat ala toko hewan dengan kucing cenderung liar juga memiliki spesifikasi yang berbeda.

Kucing liar yang Anda pungut butuh waktu lebih lama untuk terbiasa dengan lingkungan rumahan yang baru. Mulai sediakan spot pasir khusus untuk tempat buang airnya. Saat memandikan, bersihkan pula sampai bagian cakarnya. Serta sediakan makanan berkualitas agar dia mulai meninggalkan kebiasaan berburu mangsa di area cenderung kumuh.

Menjaga asupan makanan erat kaitannya dengan status kebersihan kucing peliharaan. Ada produk makanan kucing berkualitas yang populer di pasaran serta disarankan oleh para ahli yaitu makanan kucing instan dengan brand Whiskas. Ada beragam variant rasa lezat bagi kucing kesayangan. Nutrisinya pun bisa lebih spesifik disesuaikan umur kucing Anda lho.

  1. Sediakan Spot Khusus

Saat berbicara tentang cakar kucing, selain khawatir dengan luka fisik yang mungkin akan menimpa kita sebagai pemilik, kekhawatiran kita juga tertuju pada keselamatan aneka furniture koleksi kita. Entah itu dinding, sofa, karpet atau barang lainnya yang berpotensi terkena cakaran sang kucing kesayangan. Namun hal ini bisa mulai Anda akali sekarang.

Sebisa mungkin sediakan tempat tidur nyaman dan biasakan kucing Anda untuk menyadari di mana teritorial pribadinya. Ciptakan pula spot dari kain khusus pada dinding dekat tempat bermainnya, sebagai sarana untuk dia menyalurkan hasrat mencakarnya. Kucing liar biasa menyalurkan naluri ini pada batang pohon. Kini Anda bisa mulai mengajarinya beradaptasi.

Cara Memotong Kuku Kucing

  1. Ketahui Cara Memotong Cakarnya yang Benar

Para ahli memang berpendapat bahwa sebisa mungkin tidak perlu melakukan pemotongan cakar kucing peliharaan. Hal ini dikhawatirkan akan membuat kucing justru semakin merasa tidak nyaman. Namun jika Anda tertarik untuk mencari sebuah win win solution, pastinya ada cara untuk menyelamatkan perabotan sekaligus bisa tetap nyaman bagi kucing Anda.

Jika belum merasa ahli melakukannya, Anda sesekali bisa berkunjung serta berkonsultasi pada dokter hewan. Cakar kucing Anda bisa mulai dikikir atau dipotong sebagaian tanpa harus membuatnya merasa sakit atau terluka. Bagaimanapun juga, area sekitar cakar kucing teramat sensitif dipenuhi jaringan syaraf. Cara ini efektif meminimalisir ketajamannya.

Memelihara hewan di rumah memang mengajarkan detail tentang banyak hal baru pada kita selaku pemiliknya. Hewan peliharaan memberi kita keceriaan, sudah sewajarnya kita berikan kenyamanan pada mereka. Dan khusus untuk permasalahan cakar kucing, Anda tentu bisa mencoba untuk memulai menerapkan daftar saran dari para ahli di atas satu per satunya.